4 Teknik Dasar SEO (Search Engine Optimization) Blog

by - 23 January 2017 - Blogging Dan SEO

Teknik dasar SEO sebuah blog atau situs web biasanya mengarah pada konten atau artikel blog itu sendiri, karena artikel atau konten adalah raja teknik dasar SEO itu sendiri. Sebagai seorang blogger harus sadar bahwa tidak mudah untuk mem-Viral-kan atau mem-Populer-kan sebuah artikel atau blog tanpa teknik SEO yang benar. Ini karena Anda harus bersaing dengan ribuan blog atau situs yang ada di internet.

Selanjutnya ketika Anda mulai menulis sebuah topik yang populer, jika Anda memiliki banyak pembaca setia mungkin itu tidak menjadi masalah bagi Anda. Tanpa penerapan SEO pun mungkin artikel anda akan populer. Tapi jika blog Anda tidak populer dan tidak memiliki pembaca yang banyak, teknik dasar SEO adalah salah satu cara yang patut Anda gunakan untuk menarik trafik ke blog Anda.

4 Teknik Dasar SEO (Search Engine Optimization) Blog

BerikutĀ 4 Teknik Dasar SEO (Search Engine Optimation) Blog yang bisa Anda coba lakukan di blog Anda, tinggal anda mentiapkan diri dan waktu untuk melakukannya. 🙂

4 Teknik Dasar SEO (Search Engine Optimization) Blog

1. Lakukan Keyword Research

Pernahkah Anda melakukan riset kata kunci atau keyword research sebelum anda menulis sebuah artikel? Atau Anda hanya terus menulis tanpa target yang nyata atau hanya sekadar mengikuti topik yang sama seperti artikel di blog lain.

Untuk melakukan keyword research Anda dapat menggunakan tool gratis dan mudah dari Google yaitu Google AdWords dan atau Google Keyword Planner Tool. (Baca : Tool Riset Keyword Gratis Yang Paling Recommended!) untuk menguji frase kata kunci utama untuk digunakan dalam artikel Anda. Anda bisa melihat berapa banyak saingan dan permintaan untuk keyword yang Anda ingin gunakan.

2. Terapkan Keyword Density

Seberapa sering Anda mengulang keyword utama di dalam artikel Anda? Yang paling baik adalah 2-4% saja. Jangan sampai Over sampai 10% dari jumlah kata dalam artikel, karena rentan untuk ditandai sebagai spam oleh mesin pencari. (Baca : 4 TIPS SEO Blog Yang Sukses Ala Eka Lesmana)

Bila anda menggunakan CMS WordPress, Anda bisa menggunakan plugin SEO semacam; YOAST SEO untuk membantu Anda melihat keyword density di dalam artikel Anda. Selain itu juga Anda bisa gunakan tools online yang gratis. Search saja “keyword density tool” banyak sekali, Anda hanya perlu mengcopy permanlink Anda dan lihat hasilnya.

3. Tambahkan Tag ALT Pada Gambar

Artikel blog tanpa gambar akan kelihhatan kurang menarik, jadi Anda perlu menambahkan minimal satu gambar untuk artikel Anda. (Baca : Alasan Kenapa Harus Menyertakan Gambar dalam Konten Blog).

Jadi pastikan Anda menempatkan tag alt pada gambar Anda dengan keyword yang Anda gunakan. Walaupun dengan frase berbeda. Ini karena mesin pencari atau robot seperti Google tidak membaca gambar, hanya membaca teks.

4. Perbanyak Konten / Entri Atau Artikel

Artikel, entri atau konten merupakan hal selalu diingatkan dalam praktek SEO oleh para pakar SEO. Konten adalah raja di dalam SEO. Untuk berhasil dalam teknik dasar SEO, pastikan blog Anda sudah memilki konten yang banyak dan bervariasi. (Baca : 16 Tips Cara Menulis Artikel Blog Unik dan SEO Untuk Pemula).

Jika ingin lebih berhasil, pastikan setiap entri terkait satu sama lain. Dengan membangun inbound antar konten pada anchor teks yang tepat, satu atau dua link itu saja sudah cukup.

Demikian ulasan 4 Teknik Dasar SEO (Search Engine Optimization) Blog ini, semoga bermanfaat buat sobat blogger, salam pahompu.

Artikel Blogging Dan SEO - 4 Teknik Dasar SEO (Search Engine Optimization) Blog, is Posted Under Tags: , By pahompu | 4.5

2 Comments

  1. Siang mas, jika kita memiliki web streaming movie bagaimana seo mya ya?

    • Web streaming memang sangat rentan, terkait Copyright, sehingga agak susah menembak SEO nya, Namun, Anda dapat memanfaatkan media sosial; (tekankan pada Twitter, Facebook dan Pinterest) untuk mempromosikan website Anda. Saya pikir media sosial platform yang dapat memainkan peran penting untuk situs film terkait promosi.

      Walau begitu Anda tetap dapat menggunakan SEO Dasar seperti diatas, namun anda harus memperkaya konten dengan semacam SINOPSIS UNIK dan Menggenjot BACKLINK, dan semakin menguatkan pengkategorikan situs Anda seperti aksi, drama, sensasi, komedi, Thriller dll. Semoga Bermanfaat

Leave a Response