6 Tips Mencegah Komputer Terkena Virus Dan Program Berbahaya Lainnya

by - 25 February 2018 - Komputer

Semakin hari varian virus semakin banyak dan canggih saja, untuk itu diperlukan langkah antisipasi dari user. Beberapa kebiasan pengguna yang kurang baik seperti menginstal software sembarangan bisa berakibat komputer disusupi virus, malware, adware dan sejenisnya.

Memasang antivirus saja belumlah cukup untuk mencegah kamputer atau laptop dari terkena serangan virus, karena bagaimanapun ia hanya sebuah program yang tetap saja ada kemungkinan bisa tembus. Bagi pengguna komputer khususnya Windows, silahkan simak beberapa tips berikut agar terhindar dari infeksi program yang merugikan tersebut.

Tips Mencegah Komputer Terkena Virus

Tips Mencegah Komputer Terkena Virus

6 Tips Mencegah Komputer Terkena Virus Dan Program Berbahaya Lainnya

1. Pasang Antivirus Versi Berbayar

Meskipun tidak menjamin komputer akan terhindar 100% dari virus, namun setidaknya dengan menginstal sebuah antivirus premium akan jauh mengurangi resiko diserang virus dibandingkan dengan hanya mengandalkan antivirus gratisan yang notabene tidak sepenuhnya melindungi komputer dari software berbahaya.

2. Hindari Menggunakan Software Bajakan

Software crak atau bajakan dikenal menjadi tempat menyalurkan program-program merugikan oleh orang yang memang berniat menyebarkan virus.  Kasus seperti ini telah banyak terjadi dan diberitakan di media. Dalam hal ini 99% kendali ada di tangan pengguna untuk itu bijaklah dalam hal memilih program. Usahakanlah untuk selalu memakai program asli walaupun harus membayar dengan sejumlah uang, sebab itu akan jauh lebih aman.

3. Unduhlah Software Hanya Dari Situs Resminya

Mendownload sebuah software dari situs resminya akan jauh lebih aman daripada mendownload di situs lain yang mungkin saja berbahaya. Jika kamu ingin mengunduh Media PLayer Classic misalnya, downlad-lah langsung dari website resmi yang telah tersedia. Mendownload apapun dari situs  seperti Torrent, sangat beresiko terinfeksi virus maupun malware.

4. Selalu Perbaharui Software Yang Digunakan

Software yang tidak pernah diperbaharui sangat rentan disusupi oleh virus, spyware dan kawan-kawan. Sebaliknya software yang selalu diupdate akan lebih aman karena celah keamanan sudah ditambal oleh pengembangnya.

5. Selalu Aktifkan Firewall

Firewall berfungsi untuk melindungi komputer dari koneksi berbahaya yang masuk ke sistem operasi. Jika ada koneksi yang tidak dikenal mencoba masuk, maka firewall ini akan segera memblokir. Pada OS Windows secara default firewall sudah aktif dan jangan sekali-kali menonaktifkannya kalau tidak mau komputermu ‘diacak-acak’ secara remote oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Hati-Hati Terhadap Attachment Email

File lampiran pada email dikenal sering dijadikan sebagai sarana menyebarkan virus oleh orang-orang tertentu. Apapun bentuk file yang dilampirkan pada email, sebaiknya dipindai dulu dengan antivirus baru kemudian dibuka.

Silahkan perhatikan serta praktekkan tips-tips di atas untuk mencegah komputer atau laptop kesayangan terhindar dari serangan program-program jahat yang merugikan, karena user adalah faktor utama sebagai penentu berhasil atau tidaknya sebuah program jahat masuk ke dalam sistem operasi.

Artikel Komputer - 6 Tips Mencegah Komputer Terkena Virus Dan Program Berbahaya Lainnya, is Posted Under Tags: , , By pahompu | 4.5

Leave a Response