Apa itu Backlink dan Anchor Text?

by - 29 June 2017 - Blogging Dan SEO

Apa itu Backlink dan Anchor Text?, Setelah baca baca beberapa blog mengenai backlink, saya baru mengerti apa beda keduanya. Awalnya, saya kira yang ada cuman backlink saja, yaitu link dari web orang lain yang mengarah ke web saya.

Pada web atau artikel web orang lain akan mempunyai hiperlink dengan HTML tag lihat saja web sumbernya. dimana kata-kata “lihat saja web sumbernya” merupakan anchor text (bahasa Indonesianya apa, ya? Terjemahannya teks jangkar saja, ah). Di bawah ini saya tuliskan kembali.

Untuk sekedar backlink, teks jangkar bisa berupa teks apa saja, misalnya : klik link ini, disini, here, dodol odol, dsb. Semua kata, kalimat, atau gambar tidak terlalu penting, asal nampak dilayar kemudian kalau ditaruh pointer mouse biasanya pointer akan berubah biasanya gambar tangan dengan telunjuk dan bisa diklik, atau bisa jadi teksnya diberi garis bawah.

Oya.. sekali lagi, Backlink dan Anchor Text ini harus berasal dari web lain, bukan web yang sama. Bisa-bisa yang baru belajar sama sekali, dianggap bisa membuat link dari dalam artikel dari dalam web sendiri. Kalo webnyapunya sendiri, tapi dari web yang berbeda, juga bisa dilakukan. (Ini trik namanya! Kan seseorang bisa saja membuat web lebih dari satu).

Apa itu Backlink dan Anchor Text?

Kata oom Google, backlink model di atas juga dihitung sebagai backlink, meskipun tidak digunakan untuk menaikkan pagerank. Yang lebih penting adalah pemilik web bisa mendapatkan trafik atau kunjungan karena teks jangkar yang diklik oleh seorang pembaca  akan membawa kepada web anda.

Jadilah ini sesuatu yang penting untuk membuat trafik kepada web anda. Bayangkan bila tidak ada satupun backlink model ini, anda akan dapat trafik dari mana?

Nah, kalo SEO Backlink dan Anchor Text (search engine optimization Backlink dan Anchor Text) macam mana?

Bedanya dikit saja. Cuman kata Oom Google, jumlah SEO backlink selain untuk membuat trafik ke web anda, Google juga akan menghitung ini untuk membuat peringkat pagerank (PR dari 1 s.d. 10, makin tinggi makin baik). Makin banyak SEO backlink makin tinggi PRnya, ya Gooogle.com pasti PR 10, lah dia yang bikin. Tapi gak usah mimpi bikin web dengan PR 10 ya, ketinggian, tapi bukannya gak boleh, boleh boleh saja. Jumlahnya harus berapa? Gak ada yang tahu yang penting harus banyak, sebanyak yang bisa dibuat.

Lah, bedanya apa? Hanya terletak pada teks jangkarnya (anchor text). Untuk SEO maka teks jangkar harus berisi kata kunci (keyword) yang sesuai dengan kata kunci pada web anda. Contoh, kalo keyword web anda adalah “JAMU TRADISIONIL” maka teks jangkarnya harus berhubungan dengan JAMU TRADISIONIL, gak bisa teksnya dengan PEMELIHARAAN MOBIL, atau BELAJAR KOMPUTER. Yang lebih dekat misalnya “jamu ramuan alami”, “resep tradisionil”, “jamu jawa tradisi nenek moyang”, dsb.

Ditambah lagi web yang membuat link harus dari keluarga kata kunci yang sama, misalnya : meskipun orang sudah menggunakan teks jangkar “jamu ramuan alami”, tetapi dari sebuah artikel tentang pemeliharaan mobil kan tidak nyambung. Jadi, web asal yang membuat hiperlink menggunakan kata kunci yang sejenis, dan teks jangkarnya juga nyambung.

Konon, agar web anda cepat diindeks oleh Google, maka harus ada paling sedikit satu backlink.

Semoga Ulasan mengenai Backlink dan Anchor Text  ini bermanfaat buat sobat pahompu

Artikel Blogging Dan SEO - Apa itu Backlink dan Anchor Text?, is Posted Under Tags: , , , By pahompu | 4.5

hosting terbaik

Leave a Response