Bagaimana Membuat Redirect di WordPress ?

by - 14 November 2016 - Blogging Dan SEO, Script, Tutorial

Bagaimana Membuat Redirect di WordPress ? – Jika Anda mengubah struktur permalink, atau jika Anda menghapus posting atau halaman di blog, maka blog akan merujuk kepada 404 page errors. Sebuah 404 page errors harus ditampilkan kepada pengunjung saat halaman telah dihapus, namun jika konten hanya telah dipindahkan ke lokasi yang berbeda di website Anda atau ke blog berbeda milik anda, Anda harus mengarahkan pengunjung ke lokasi halaman baru tersebut, supaya anda tidak kehilangan lalulintas pengunjung blog anda.

Ada alasan lain mengapa Halaman haris di redirect, namun 99% pemilik website melakukan pengalihan ketika mereka mengubah struktur Permalink URL atau mengubah Slug URL dari sebuah artikel.

Pada artikel ini, kita coba bahas Bagaimana Membuat Redirect di WordPress ?.

Bagaimana Membuat Redirect di WordPress

 

Apa yang dimaksud dengan 301 Redirect?

Mayoritas pengalihan menggunakan apa yang dikenal sebagai 301 redirect. Nama ini didasarkan pada HTTP response status code 301, yang menginformasikan mesin pencari bahwa halaman telah pindah secara permanen.

Search engine menyarankan pemilik situs web untuk menggunakan 301 redirect setiap kali halaman telah dipindahkan secara permanen. 301 redirect memastikan bahwa page rank, dan atau sebutan lainnya yang diberikan Search Engine pada URL halaman lama akan di berikan atau di transfer ke URL halaman baru.

Ada pengalihan lain yang tersedia seperti 307 (temporary/sementara) dan 308 (permanent); Namun Anda harus menggunakan 301 setiap kali URL halaman telah berubah sehingga peringkat mesin pencari dan lalu lintas blog tidak terpengaruh.

Cara Redirect Page Menggunakan .htaccess

Pemakaian Redirect dengan file .htaccess haruslah di lakukan dengan teliti. Salah satu karakter huruf saja salah dalam file .htaccess bisa mengakibatkan seluruh website menjadi Dawn atau Error. Oleh karena itu penting untuk mem Backup file .htaccess sebelum dimodifikasi. Ini akan memungkinkan Anda untuk me restore kembali bila terjadi sesuatu kesalahan.

Yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi lama dan lokasi baru. Anda dapat melakukannya dengan kode berikut:

Redirect 301 /halaman-lama.html http://www.websiteanda.com/halaman-baru.html

Suatu Folder juga dapat diarahkan dengan cara yang sama. Anda juga dapat mengarahkan seluruh situs dengan 301 redirect menggunakan kode berikut:

Redirect 301 / http://www.websitebaruanda.com

Lakukan test atau percobaan dengan memeriksa apakah pengalihan Anda bekerja dengan baik dan benar. Jika bekerja dengan benar, maka Pengalihan telah berhasil anda lakukan.

Cara Redirect Halaman Menggunakan PHP

Hal ini dimungkinkan untuk menerapkan pengalihan menggunakan script dengan bahasa berbead termasuk ASP, ColdFusion, Perl, dan Java. Anda bahkan dapat mengarahkan halaman dengan menambahkan meta tag ke header halaman Anda dengan memanfaatkan http-equiv attribute.

WordPress dasarnya menggunakan platform PHP, oleh karena itu jika Anda mengintegrasikan script lain kedalam WordPress, harus dipastikan script tersebut menggunakan PHP juga. Jika Anda perlu untuk mengarahkan halaman web PHP yang berada di luar instalasi WordPress Anda, Anda dapat menggunakan redirect PHP.

Anda dapat mengarahkan halaman PHP dengan menambahkan baris kode berikut pada header:

<?php
header(“HTTP/1.1 301 Moved Permanently”);
header(“Location: http://www.websitebaruanda.com”);
?>

Perhatikan bahwa baris “301 Moved Permanently” diperlukan untuk memberitahukan mesin pencari bahwa anda telah melakukan pengalihan 301 (301 redirection). Anda juga harus memastikan bahwa kode ini ditempatkan tepat di bagian atas halaman untuk memastikan pengalihan bekerja dengan benar.

Jika Anda ingin menggunakan redirection dalam template atau plugin yang Anda sedang kembangkan, Anda dapat menggunakan WordPress wp_redirect function. fungsi ini akan mengarahkan link menggunakan 302 redirect secara default; namun hal ini dapat diubah dengan memodifikasi parameter status $.

Cara Redirect Page Menggunakan WordPress Plugin

Salah satu keunggulan dari WordPress adalah bahwa Anda tidak harus memiliki latar belakang teknis untuk mengelola website Anda. Meskipun Anda dapat menggunakan .htaccess atau PHP untuk mengarahkan halaman, tetapi tetap lebih mudah untuk menggunakan salah satu plugin redirect terbaik dari banyak plugin yang tersedia untuk Membuat Redirect di WordPress ?.

Plugin Quick Page/Post Redirect.
Plugin ini memungkinkan Anda untuk melakukan redirect 301, 302, 307, atau pengalihan meta refresh .

Pengalihan juga dimungkinkan dengan tag nofollow atau membuka URL redirect baru di tab jendela baru. Yang harus Anda lakukan adalah mencentang kotak opsi tersebut untuk mengaktifkan fungsi ini.
quick-page-redirect-plugin

DOWNLOAD: https://wordpress.org/plugins/quick-pagepost-redirect-plugin/

Plugin Redirection
Redirection adalah plugin yang sangat bagus dengan kemampuan 404 page monitoring. Ini akan menunjukkan dengan tepat halaman yang menghasilkan 404 page errors dan memungkinkan Anda untuk menerapkan pengalihan 301, 302, dan 307, untuk masing-masing link yang di redirect.

Plugin ini juga memungkinkan Anda untuk mengarahkan URL ke posting blog secara acak atau langsung ke halaman 404 page errors. Pengalihan juga dapat dialokasikan ke dalam kelompok untuk membantu Anda mengelola semua link redirection Anda dengan benar.
redirection-plugin

DOWNLOAD: https://wordpress.org/plugins/redirection/

Plugin SEO Redirection
Solusi lain adalah dengan plugin SEO Redirection. Plugin ini mendukung 301, 302, dan 307 redirection. Plugin ini juga mendukung pengalihan wildcard dan secara otomatis dapat mengarahkan setiap 404 page errors yang ditemukan ke halaman tertentu.

seo-redirect-plugin

DOWNLOAD: https://wordpress.org/plugins/seo-redirection/

Semoga Ulasan Bagaimana Membuat Redirect di WordPress ? bermanfaat Buat Sobat Pahompu

Artikel Blogging Dan SEO, Script, Tutorial - Bagaimana Membuat Redirect di WordPress ?, is Posted Under Tags: , , , , By pahompu | 4.5

Leave a Response