Cara Cek Kerusakan Komputer Dengan Memanfaatkan Bunyi Beep BIOS

by - 17 November 2017 - Komputer

Komputer memang memiliki durabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan laptop. Namun komputer tetap bisa mengalami kerusakan.

Berbicara mengenai kerusakan pada komputer, sebenarnya sudah dibuat satu sistem khusus yang dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Yang dimaksud dengan sistem khusus untuk mengetahui kerusakan pada komputer tersebut adalah bunyi beep BIOS yang biasa terdengar setiap komputer dihidupkan. Bunyi beep BIOS tersebut ternyata memiliki banyak variasi. Setiap variasi bunyi beep tersebut memiliki arti khusus untuk menjelaskan bagaimana kondisi perangkat keras komputer anda.

Sebagai pengguna komputer, apakah anda sudah paham mengenai apa saja variasi bunyi beep dan juga artinya? Jika anda belum paham mengenai variasi dan arti bunyi beep BIOS, anda bisa mempelajarinya di artikel ini.

Cara Cek Kerusakan Komputer Dengan Memanfaatkan Bunyi Beep BIOS

BIOS

5 Macam Variasi Bunyi Beep BIOS dan Artinya

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bunyi beep BIOS memang bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana kondisi perangkat keras komputer anda.

Karena memang dibuat untuk memberikan informasi mengenai kondisi perangkat keras komputer anda, maka ada beberapa macam variasi dari bunyi beep BIOS. Berikut ini adalah 5 macam variasi bunyi beep BIOS dan artinya yang perlu anda ketahui:

  • 1 kali bunyi beep pendek

Setiap komputer yang tidak memiliki masalah apapun pada bagian perangkat kerasnya akan mengeluarkan suara 1 kali bunyi beep pendek.

Bunyi beep tersebut menandakan bahwa semua perangkat keras komputer anda lolos dalam pengujian POST. Yang dimaksud dengan POST adalah power on self test. POST merupakan sistem khusus yang secara otomatis akan melakukan pengecekan perangkat keras setiap kali komputer dinyalakan.

  • 1 kali bunyi beep panjang

Jika anda mendengarkan suara 1 kali bunyi beep panjang setiap kali menghidupkan komputer, maka hal tersebut berarti ada perangkat keras yang mengalami masalah.

Bunyi beep satu kali dengan durasi yang cukup panjang ini adalah pertanda bahwa ada masalah pada bagian memori. Bila anda mendengarkan suara beep tersebut, ada baiknya segera matikan komputer anda dan cek RAM.

Bersihkan kepingan RAM dari debu terutama pada bagian lempengan berwarna kuning. Pasang kembali RAM pada slotnya dan coba hidupkan kembali komputer anda.

Jika bunyi beep panjang 1 kali masih terdengar, ada kemungkinan RAM anda mengalami kerusakan dan perlu diganti.

  • 2 kali bunyi beep pendek

Variasi bunyi beep BIOS yang ketiga adalah 2 kali beep pendek. Jika anda mendengar suara 2 kali beep pendek ketika menghidupkan komputer, maka itu pertanda bahwa ada kesalahan pada CMOS motherboard anda.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa masuk kedalam pengaturan BIOS dan mengubah pengaturan BIOS ke pengaturan default.

Bunyi beep 2 kali pendek tersebut juga bisa disebabkan karena baterai CMOS anda perlu diganti. Jadi jika anda sudah mengubah pengaturan BIOS ke pengaturan default dan BIOS masih mengeluarkan bunyi beep pendek 2 kali, coba ganti baterai CMOS motherboard anda.

  • 1 kali beep panjang dan 2 kali pendek

Variasi beep BIOS berikutnya adalah 1 kali beep panjang dan 2 kali pendek. Variasi beep tersebut menunjukkan bahwa ada kerusakan pada bagian VGA.

Namun demikian, variasi beep BIOS ini paling banyak dialami oleh mereka yang menggunakan VGA on board. Mereka yang menggunakan VGA card hampir tidak pernah mengalami masalah kerusakan pada bagian VGA.

  • Beep pendek berkali-kali

Variasi beep BIOS yang terakhir adalah beep pendek berkali-kali. Komputer yang mengeluarkan bunyi beep pendek berkali-kali ketika dihidupkan berarti mengalami kerusakan pada bagian PSU.

Hal ini biasanya disebabkan karena PSU sudah tidak bisa memberikan aliran listrik yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh seluruh komponen komputer.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mengetahui kondisi perangkat keras komputer anda dengan menggunakan fitur bunyi beep BIOS? Lalu bagaimana kondisi perangkat keras komputer anda jika didengarkan dari bunyi beep ketika dihidupkan hari ini?

 

Artikel Komputer - Cara Cek Kerusakan Komputer Dengan Memanfaatkan Bunyi Beep BIOS, is Posted Under Tags: , , By pahompu | 4.5

Leave a Response