Begini Cara Mudah Untuk Update Bios Motherboard Anda

by - 16 November 2017 - Komputer

Cara update BIOS motherboard – Motherboard adalah salah satu komponen inti dari PC. Motherboard adalah bagian dimana semua komponen PC lain terpasang. Berbicara mengenai motherboard, di jaman sekarang anda juga perlu melakukan update BIOS motherboard.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan rutin melakukan update firmware BIOS motherboard anda. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang bagaimana cara update BIOS motherboard.

Sebenarnya cara update BIOS motherboard itu sangatlah mudah. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya melakukan update firmware BIOS motherboard dan juga apa saja keuntungan rutin melakukan update BIOS motherboard, anda bisa membaca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Begini Cara Mudah Untuk Update Bios Motherboard Anda

Bios Motherboard

3 Keuntungan Rutin Melakukan Update Firmware BIOS Motherboard

Untuk apa motherboard di jaman sekarang ini juga harus diperbarui firmware BIOS-nya? Ternyata, ada banyak sekali keuntungan rutin melakukan update BIOS motherboard.

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara update BIOS motherboard, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu beberapa keuntungan update BIOS motherboard komputer anda berikut ini:

1. Meningkatkan kemampuan motherboard terutama untuk tujuan overclock

Bagi anda yang suka melakukan overclock PC, sebaiknya selalu rutin melakukan update BIOS motherboard yang anda gunakan. Kenapa?

Ternyata dengan melakukan update BIOS motherboard, anda secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan motherboard, terutama untuk tujuan overclock.

Dengan melakukan update BIOS, motherboard juga bisa memaksimalkan performa prosesor tipe yang sama namun generasi yang lebih baru.

2. Mendukung penggunaan HDD/SSD dengan kapasitas yang lebih besar

Ternyata memang ada batasan kapasitas HDD maupun SSD yang bisa terdeteksi oleh motherboard. Khusus untuk anda yang membutuhkan HDD atau SSD berkapasitas besar, anda juga disarankan untuk melakukan update BIOS motherboard.

Pasalnya, update BIOS motherboard ternyata juga berpengaruh pada kapasitas HDD atau SSD yang bisa terdeteksi oleh motherboard.

3. Mengatasi bug yang terdapat pada firmware BIOS motherboard sebelumnya

Alasan terakhir kenapa anda sebaiknya rutin melakukan update BIOS motherboard karena hal tersebut dapat membantu mengatasi bug yang terdapat pada firmware BIOS motherboard sebelumnya.

Jadi secara tidak langsung, update BIOS motherboard dapat membantu memaksimalkan fungsi dari motherboard.

Langkah-Langkah Melakukan Update BIOS Motherboard

Setelah anda mengetahui apa saja keuntungan dari rutin melakukan update BIOS motherboard, selanjutnya anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana cara update BIOS motherboard.

Bagi anda yang ingin mencoba melakukan update firmware BIOS motherboard yang saat ini anda gunakan, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cek terlebih dahulu versi firmware BIOS yang digunakan

Sebelum melakukan update firmware BIOS motherboard, ada baiknya cek terlebih dahulu versi firmware BIOS motherboard yang digunakan saat ini.

Cara mengetahui versi firmware BIOS motherboard anda adalah dengan masuk kedalam pengaturan BIOS. Umumnya semua motherboard akan menampilkan versi firmware BIOS yang digunakan di halaman utama pengaturan BIOS.

Cari file firmware BIOS terbaru

Setelah anda mengetahui berapa versi firmware BIOS yang digunakan di motherboard anda, selanjutnya cari file firmware BIOS terbaru untuk motherboard anda.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan file BIOS terbaru untuk motherboard anda melalui website resmi dari vendor motherboard yang anda gunakan.

Misalkan anda menggunakan motherboard buatan MSI, maka cari firmware BIOS motherboard anda di website resmi MSI. Pastikan juga untuk mengunduh file firmware BIOS terbaru yang sesuai dengan tipe motherboard anda.

Perbarui firmware BIOS

Jika anda sudah mendapatkan file firmware BIOS terbaru yang sesuai dengan motherboard yang anda gunakan, maka selanjutnya masukkan file tersebut kedalam flashdisk.

Usahakan untuk tidak memasukkan file apapun selain file firmware BIOS di dalam flashdisk. Selain itu, pastikan file firmware BIOS tidak dimasukkan kedalam folder.

Jika file sudah dimasukkan kedalam flashdisk, selanjutnya anda hanya perlu restart komputer dan masuk kedalam pengaturan BIOS.

Cari menu untuk memperbarui firmware BIOS motherboard anda. Jika file yang anda simpan di dalam flashdisk memang benar firmware untuk motherboard anda, maka file tersebut akan secara otomatis terdeteksi.

Proses update BIOS motherboard akan berjalan secara otomatis. Anda hanya perlu menunggu prosesnya selesai.

Cukup mudah bukan cara update BIOS motherboard itu? Jadi kenapa sampai saat ini anda masih belum melakukan update firmware BIOS motherboard?

Artikel Komputer - Begini Cara Mudah Untuk Update Bios Motherboard Anda, is Posted Under Tags: , , , By pahompu | 4.5

Leave a Response