Ingin Dihormati Orang? Perhatikan Etika Menggunakan Jejaring Sosial Berikut!

by - 16 January 2017 - Social Media

What’s on your mind?“, mungkin waktu itu pendiri Facebook berpikir kalau orang bisa menyampaikan ide-idenya lewat status. Tapi ternyata, kotak ini justru  menjadi tempat curhat dan penebar kebencian paling ampuh di dunia. Bahkan, hanya dari status saja Anda bisa dipecat dari pekerjaan. Banyak sekali HRD yang diam-diam stalking akun jejaring sosial pelamar kerja untuk mencari kepribadian aslinya dan ini memiliki efek besar sekali. Bahkan tidak sedikit yang sampai di-bully habis-habisan. Karena itu, etika menggunakan jejaring sosial sangat perlu dan ditaati, ya!

Ingin Dihormati Orang? Perhatikan Etika Menggunakan Jejaring Sosial Berikut!

Etika Menggunakan Jejaring Sosial Media Biar Aman Dari Cyber Bullying!

Agar Anda tidak di-cap memiliki kepribadian negatif, baiknya hindari hal-hal berikut di media sosial:

Banyak Mengeluh

Ini hal yang lumrah dalam dunia maya. Boleh-boleh saja sesekali mengeluh, tapi jangan semua permasalahan harus diunggah di jejaring sosial. Tentu saja orang akan beranggapan Anda memiliki kepribadian psimistik dan tidak bersyukur, seolah-olah semua orang harus tau masalah Anda. Padahal pada kenyataanya mereka sangat risih dan tidak peduli.

Menyindir di media sosial

Ini jauh lebih tidak baik lagi. Menyindir seseorang lewat status selain bisa membuat hubungan semakin hancur. Orang lain yang tidak punya masalah dengan Anda bisa ikut tersinggung dan ikut “baper”. Terlebih lagi, orang akan menganggap, Anda memiliki komunikasi yang buruk dan tidak bisa menyelesaikan masalah secara personal sehingga harus dibawa ke jejaring sosial.

Posting Hate Speech

Ini yang lebih penting lagi! Maraknya pengguna jejaring sosial yang memposting ujaran kebencian mengakibatkan hal-hal buruk. Akibat lebih besar lagi bisa berupa kekacauan besar seperti yang baru-baru saja terjadi. Anda tidak hanya akan dipidana, tapi di-bully banyak orang.

Posting SARA

Untuk menghindari cyber-bullying yang lebih kronis lagi, etika menggunakan jejaring sosial yang ini sudah mulai dilupakan orang. Sudah banyak sekali pertikaian karena agama terjadi belakangan ini. Anda sudah pasti tidak ingin menjadi salah satu warga perusak bangsa, kan?

Etika menggunakan jejaring sosial di atas sebenarnya memang mudah, hanya saja penerapannya membutuhkan kedewasaan dan kepala dingin. Share-lah hal-hal yang memiliki makna positif dan tidak menyinggung orang lain. Pengguna lain pun pastinya akan menghormati Anda.

Salam Pahompu.

Artikel Social Media - Ingin Dihormati Orang? Perhatikan Etika Menggunakan Jejaring Sosial Berikut!, is Posted Under Tags: , , By pahompu | 4.5

Leave a Response