Google Chrome vs Microsoft Edge, Hebat Mana

by - 17 November 2016 - Komputer

Google Chrome vs Microsoft Edge – Hingga saat ini, Google Chrome dikatakan sebagai salah satu browser yang mempunyai performa tinggi. Penggunanya pun cukup banyak jika dibandingkan dengan browser lainnya. Produk keluaran Google ini memang dapat disimpulkan sebagai browser terbaik untuk saat ini.

Namun setelah kemunculan Microsoft Windows 10 pada Juli 2015 lalu, banyak orang yang terpukau dengan fitur-fiturnya yang cukup canggih, salah satunya Microsoft Edge. Microsoft Edge merupakan browser bawaan Windows yang menggantikan Internet Explorer. Seperti yang kita ketahui bahwa Internet Explorer merupakan browser yang cukup legendaris. Namun untuk Windows 10 versi Enterprise, Microsoft masih menyuguhkan Internet Explorer dengan Microsoft Edge.

Tentu saja dengan hadirnya Microsoft Edge, pesaing Google Chrome akan semakin bertambah. Dikatakan bahwa browser ini cukup memberikan kemudahan akses pada pengguna melalui fitur-fiturnya. Pengguna dapat memberikan catatan atau gambar (highlight) pada poin yang ingin ditandai di sebuah website langsung melalui browser tersebut. Kemudian halaman yang telah ditandai tersebut dapat disimpan dan dibagikan kepada pengguna lain. Tak heran jika akhirnya banyak pengguna yang membandingkan kelebihan dan kekurangan di antara keduanya.

Berikut ini merupakan perbandingan antara Google Chrome dengan Microsoft Edge yang telah diuji coba menggunakan laptop HP Spectre x360 yang dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i5 serta RAM sebesar 8 GB.

Google Chrome vs Microsoft Edge, Hebat Mana

Google Chrome vs Microsoft Edge, Hebat Mana

V8 Benchmark Suite – Versi 7

V8 Benchmark Suite – Versi 7 merupakan aplikasi buatan Google yang dibuat untuk mengetes performa JavaScript. Melalui pengujian ini, jika skor semakin tinggi, maka performa tersebut akan semakin baik. Hasil dari tes ini dimenangkan oleh Google Chrome dengan skor 23608. Namun Microsoft Edge memiliki skor yang tidak terlalu jauh, yaitu 21834.

Futuremark Peacekeeper

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi di atas, Futuremark Peacekeeper digunakan untuk mengetes performa JavaSricpt. Dalam tes kali ini, browser yang mendapatkan skor tinggi maka performanya lebih baik dari browser yang memiliki skor lebih rendah. Google Chrome kembali berhasil mengalahkan Microsoft Edge dengan skor 3917. Sementara Microsoft Edge memiliki skor 2525.

Real-World Speed

Berbeda dengan kedua aplikasi di atas, kali ini Real-World Speed berfungsi untuk membandingkan performa browser melalui kecepatan website yang diakses. Melalui tes ini, yang unggul ialah browser yang memiliki kecepatan waktu lebih sedikit. Google Chrome masih mengungguli kecepatan Microsoft Edge, yaitu sekitar 5,53 seconds. Sedangkan Microsoft Edge memiliki kecepatan sebesar 5,65 seconds. Perbedaan kecepatan keduanya tidak terlalu jauh, hanya beda beberapa milidetik saja.

SunSpider JavaScript

SunSpider JavaScript digunakan untuk membandingkan performa browser. Dalam uji coba ini, semakin rendah angkanya maka perfomanya semakin baik. Hasil menunjukkan bahwa Microsoft Edge kali ini mengalahkan Google Chrome. Edge mendapatkan skor 103,5 ms, sementara Google Chrome sebesar 267,4 ms.

Dari keseluruhan hasil tes, disimpulkan bahwa Google Chrome masih memiliki performa yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Microsoft Edge. Namun peran Microsoft Edge juga dianggap sudah mampu untuk bersaing dengan browser-browser lainnya. Mengingat Microsoft Edge merupakan reinkarnasi dari browser tua Internet Explorer.

Semoga ulasan tentang Google Chrome vs Microsoft Edge ini bermanfaat buat sobat pembaca pahompu, salam.

Artikel Komputer - Google Chrome vs Microsoft Edge, Hebat Mana, is Posted Under Tags: , , By pahompu | 4.5

hosting terbaik

Leave a Response