5 Kesalahan Umum Pengguna Baru WordPress

by - 26 August 2017 - Blogging Dan SEO

WordPress memang merupakan CMS blog yang dikemas dengan baik dan kaya fitur, juga sangat mudah digunakan. Tapi  terlepas dari kemudahan penggunaannya, juga sangat mudah membuat beberapa kesalahan dalam prosesnya. Kesalahan di WordPress hampir mudah dilakukan. Walaupun umumnya hanya ketidak sengajaan dan kesalahan kecil

Jika Anda baru mengenal WordPress, berikut beberapa kesalahan yang perlu Anda hindari. Perhatikan bahwa sebagian besar kesalahan tersebut hanyalah ketidak sengajaan dan hanya berapa yang bisa berakibat fatal.

Kesalahan Umum Pengguna Baru WordPress

Kesalahan Umum Pengguna Baru WordPress

5 Kesalahan Umum Pengguna Baru WordPress


1. Tidak Melakukan Regular Backup

Ini seperti mengganti oli di mobil Anda. Anda sudah berbulan-bulan memakainya tanpa melakukan penggantian oli dan nampaknya tidak ada hal buruk yang terjadi, jadi apa masalahnya? Ya, saat mobil Anda mogok di pinggir jalan dan asap keluar dari kap mesin, Maka anda akan menyesal karena membuang waktu beberapa jam untuk menyelesaikan masalah tersebut dan mencari cari penggganti minyak oli itu. Hal yang sama berlaku untuk situs Anda. Pada saat situs anda DOWN karena di hack atau error atau suspend dan tidak di selamatkan lagi, maka Anda tidak memiliki cadangan, Anda akan menyesal karena anda tidak mengambil beberapa menit untuk mengurus backupnya secara teratur.

Kabar baiknya adalah bahwa backup mudah dilakukan, banyak tool atau plugin yang bisa anda andalkan untuk melakukan pekerjaan ini.


2. Menggunakan Default Permalink

Tidak memilih format permalink yang SEO Friendly dan ringkas adalah kesalahan umum bagi pengguna baru WordPress baru. (Baca : Struktur Permalink WordPress Yang SEO Friendly)

Pilihan Permalink

Secara default, WordPress menggunakan format nama post desk yang sangat deskriptif dari “? P = 123”. Jadi, dengan menggunakan format itu, URL untuk pos ini akan menjadi “http://www.namadomai.com/?p=1154” dan ini sangatlah buruk karena permalink juga bisa menjadi rujukan mesin pencari.

WordPress memiliki sejumlah struktur Permalink yang berbeda untuk posting blog Anda. Anda bisa menggunakan nama pos, atau tahun, bulan, dan nama pos, atau struktur khusus yang Anda rancang sendiri.

Membuat perubahan ini hanya butuh beberapa detik. Dari Dashboard pilih menu Settings dan kemudian Permalinks. Pilih permalink style yang anda inginkan dan klik Save Changes. Dan selesai


3. Memasang Terlalu Banyak Plugin

WordPress memiliki hampir lima puluh ribu plugin yang tersedia untuk dipilih. Ada begitu banyak pilihan! Bagi pengguna WordPress yang baru, ini sering membuat kebingungan sehingga ingin mencoba semuanya.

Percayalah, Anda tidak membutuhkan semuanya. Anda hanya memerlukan beberapa yang perlu saja, Jadi selektif lah dan gunakan hanya plugin yang Anda butuhkan. Menginstal terlalu banyak plugin dapat memperlambat server dan loading laman blog Anda. (Baca Juga :  11 Plugin Untuk Mempercepat Loading Website)


4. Me Link Halaman/Artikel Yang Belum Jadi

Saya dulu juga sering melakukan ini. Saat itu saya memiliki rencana besar untuk situs saya. Dan membuat banyak halaman/artikel yang hanya judul saja. Tapi tidak punya waktu untuk mengetik semuanya sehingga banyak halaman yang hanya berisi tulisan “Dalam Pengerjaan” atau “halaman ini masih dalam proses Pembuatan” di blog.

Dan. Setahun setelah itu, beberapa halaman tersebut masih tertulis “Dalam Pengerjaan” atau “halaman ini masih dalam proses Pembuatan”. Sehingga membuat pengunjung bertanya-tanya.

Jika halaman belum jadi atau masih dalam rancangan, jangan tampilkan link ke situs. Simpan dalam mode konsep dan kemudian publikasikan setelah selesai. Situs Anda akan terlihat jauh lebih baik dan pengunjung situs Anda tidak akan terganggu dengan halaman kosong itu.


5. Menggunakan Kata Sandi / Password yang Lemah

Gunakan kata sandi yang kuat. Memasukkan nama pengguna atau sesuatu yang juga tertulis di blog semisal nama anda, atau nama domain sebagai password adalah hal yang buruk. Password seperti:  _)(&^9675q x3e[jw8, bisa menjadi password yang sangat kuat namun tentu sangat susuah untuk diingat. Anda bisa mengakalinya dengan beberapa campuran karakter yang mudah anda ingat, misalnya “Nam@PACARsay@LuzI”. (Baca Juga: Secure Authentication Perkuat Keamanan Password)


Okeh… itu saja semoga ulasan mengenai 5 Kesalahan Umum Pengguna Baru WordPress diatas bermanfaat dan salam BLOGGER.

Artikel Blogging Dan SEO - 5 Kesalahan Umum Pengguna Baru WordPress, is Posted Under Tags: , , , By pahompu | 4.5

Leave a Response