Komputer Tidak Bisa Masuk Windows, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya?

by - 1 December 2017 - Komputer

Windows memang merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di komputer maupun laptop. Namun hal ini bukan berarti Windows adalah sistem operasi terbaik.

Windows masih memiliki banyak kelemahan dan juga masalah. Salah satu masalah yang cukup sering dialami adalah seperti komputer tidak bisa masuk Windows.

Solusi paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut memang adalah dengan melakukan INUL atau pemasangan ulang sistem operasi Windows di dalam komputer maupun laptop.

Namun demikian, ternyata masih ada solusi lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah komputer yang tidak bisa booting Windows. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa yang bisa menjadi penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk Windows, anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di artikel ini.

Komputer Tidak Bisa Masuk Windows, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya?

Komputer Tidak Bisa Masuk Windows, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya?

4 Hal yang Menjadi Penyebab Komputer Tidak Bisa Masuk Windows dan Solusinya

Jika komputer atau laptop anda sama sekali tidak bisa masuk kedalam sistem operasi Windows, kemungkinan besar ada 4 macam hal yang menjadi penyebab utamanya.

Berikut ini adalah 4 penyebab utama komputer tidak bisa masuk Windows sekaligus solusi untuk mengatasi masalah tersebut:


1. Adanya program yang tidak cocok dengan sistem operasi Windows yang anda gunakan

Sistem operasi Windows memang bisa dikatakan sangat sensitif. Jika anda sampai memasang program tertentu yang tidak compatible dengan sistem operasi yang anda gunakan, kemungkinan besar anda akan mengalami masalah seperti komputer tidak bisa masuk Windows.

Ada banyak sekali program yang bisa menyebabkan komputer atau laptop anda tidak bisa booting ke sistem Windows, terutama program-program yang tidak jelas siapa pengembangnya.

Lalu jika anda sudah terlanjur memasang program dan mengalami masalah komputer tidak bisa masuk Windows, bagaimana solusinya?

Solusinya adalah dengan cara masuk kedalam safe mode untuk menghapus program yang anda curigai menjadi penyebab komputer atau laptop anda tidak bisa masuk kedalam Windows.

Bagaimana cara masuk safe mode? Caranya adalah dengan menekan tombol F8 secara berkali-kali ketika komputer atau laptop sedang booting.



2. Adanya virus dan malware yang membuat sistem operasi Windows tidak bisa melakukan booting

Masalah seperti komputer tidak bisa masuk Windows juga bisa disebabkan karena serangan virus ataupun malware. Ada banyak sekali jenis malware maupun virus yang bisa membuat komputer atau laptop anda gagal melakukan booting sistem operasi Windows.

Solusi untuk mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk Windows yang disebabkan karena adanya virus atau malware juga melalui safe mode. Masuk kedalam safe mode, kemudian scan setiap partisi tempat penyimpanan data di komputer maupun laptop anda.

Jika virus maupun malware sudah ditemukan, segera hapus file tersebut. Setelah itu, coba restart komputer atau laptop anda. Bila penyebab komputer tidak bisa masuk Windows memang adalah virus atau malware, seharusnya anda sudah bisa masuk ke sistem Windows setelah virus atau malware di hapus.


3. File sistem Windows ada yang mengalami kerusakan

Penyebab lain dari komputer tidak bisa masuk Windows bisa juga dikarenakan sistem Windows sendiri yang mengalami kerusakan. Jika hal ini penyebabnya, anda tidak harus melakukan pemasangan sistem operasi Windows kembali.

Anda sebenarnya bisa memperbaiki file-file Windows yang mengalami kerusakan. Memperbaiki file Windows yang rusak jauh lebih cepat jika dibandingkan memasang ulang sistem operasi Windows.

Cara untuk memperbaiki file sistem operasi Windows yang rusak juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengakses BIOS dan mengatur boot device pertama menjadi ROM atau USB Flashdrive.

Setelah itu, masukkan kepingan Windows ataupun Flashdisk yang sudah diisi dengan file Windows. Tekan tombol apapun untuk memulai proses booting. Pilih repair Windows.

Anda hanya perlu menunggu sistem Windows anda yang rusak diperbaiki. Cara ini bukan hanya lebih cepat dibandingkan dengan pemasangan ulang sistem operasi Windows. Cara ini juga lebih praktis karena anda tidak akan kehilangan program apapun yang sudah anda pasang sebelumnya.


4. Adanya kerusakan pada bagian hardware

Penyebab terakhir dari masalah komputer yang tidak bisa booting Windows juga bisa karena adanya kerusakan pada perangkat keras komputer atau laptop anda.

Perangkat keras yang paling mempengaruhi booting dari sistem operasi Windows adalah tempat penyimpanan data. Jadi cek kondisi tempat penyimpanan data anda terlebih dahulu.

Jika memang terbukti bahwa ada perangkat keras yang rusak, solusi untuk mengatasi masalah ini hanyalah dengan mengganti perangkat keras yang rusak dengan yang baru.


Jadi sekarang anda sudah paham bukan bahwa solusi dari masalah komputer tidak bisa masuk Windows bukan hanya dengan melakukan install ulang? Jika ada cara mengatasi masalah yang lebih mudah, kenapa anda harus repot-repot melakukan install ulang sistem Windows?

Artikel Komputer - Komputer Tidak Bisa Masuk Windows, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya?, is Posted Under Tags: , , By pahompu | 4.5

Leave a Response