Link Nofollow Dan Dofollow – Apa Bedanya ?

by - 29 December 2016 - Blogging Dan SEO

Ketika kita berbicara tentang SEO atau Search Engine Optimization, kita akan sering menemukan beberapa istilah yang selalu menjadi hal penting dalam penerapan SEO, seperti ‘dofollow’ atau ‘nofollow’ link – Link Nofollow Dan Dofollow – Apa Bedanya ?

Yah.. Mungkin masih banyak dari kita khususnya buat sobat blogger pemula yang belum faham tentang apa sebenarnya dofollow dan nofollow itu.  Jadi di bahasan kali ini kita coba untuk mengulas secara sedhana untuk dapat memahami tentang salah satu aspek utama dari SEO ini !!!

Link Nofollow Dan Dofollow – Apa Bedanya ?

Link Nofollow Dan Dofollow – Apa Bedanya ?

Search Engine menggunakan link untuk merayapi atau memeriksa semua situs di Internet.

Seperti halnya pada Google,  Google bot akan memakai link sebagai jalan untuk mengunjungi blog, kemudian akan melakukan inspeksi penuh pada webiste tersebut, dalam hal ini pada konten, kata kunci, link yang tersemat, dll.

Dan ketika saat merayapi Bagian link dalam website itu, bot menemukan link link yang dapat dibedakan menjadi dua Link berbeda ‘dofollow’ dan ‘nofollow’.

Bilamana Link tersebut dofollow, maka bot akan berlanjut merangkak ke halaman lain sesuai arah link. Ini adalah satu-satunya cara bot datang dan tahu tentang situs tersebut dan membantu meng indeks nya dan melakukan cache sehingga kemudian dapat tampil pada hasil pencarian.

Lain halnya dengan link nofollow, atribut tag nofollow pada link tersebut akan memberitahu bot mesin pencari untuk tidak mengikuti link tersebut ke situs-situs atau laman lain sesuai arah link. Jadi, bot tidak akan merayapi dan meng cache link yang di tuju tersebut. Karena, tag nofollow tidak mengijinkan bot untuk mengikuti nya.

Tips ———-

Di WordPress, secara default, semua komentar di beri atribut Nofollow tetapi atribut ini dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggunakan plugin dan nantinya semua komentar lama dan baru akan menjadi dofollow karena plugin telah menghilangkan tag nofollow dari semua komentar.

Begitu juga dengan blogger, secara default, semua komentar juga ditandai sebagai nofollow tetapi dapat di tweak sehingga dofollow dengan menghapus rel = “nofollow” tag pada bagian HTMLTemplate.

KESIMPULAN:

NoFollow : Adalah atribut HTML pada link di website yang memberitahu Bot mesin pencari UNTUK TIDAK MENGIKUTI arah link sehingga berhenti sampai di Link itu saja.

DoFollow : Adalah atribut HTML pada link di website yang memberitahu Bot mesin pencari UNTUK MENGIKUTI arah link sehingga bot akan merangkak ke tujuan link tersebut dan melakukan Inspeksi perayapan berlanjut.

Jadi, itu saja bahasan singkat mengenai link nofollow dan dofollow. Semoga sobat bisa memahami konsep ini sehingga bisa menerapkannya pada website yang sedang sobat bangun.  Salam Pahompu !

Artikel Blogging Dan SEO - Link Nofollow Dan Dofollow – Apa Bedanya ?, is Posted Under Tags: , By pahompu | 4.5

Leave a Response