Cara Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu

by - 17 May 2017 - Blogging Dan SEO

Mengapa harus menggabungkan dua situs WordPress menjadi satu? Mungkin ada banyak alasan kenapa harus melakukan merge atau menggabungkan dua blog menjadi satu. (1) Terkadang kita terlanjur membuat beberapa situs WordPress namun di kemudian hari ingin menggabungkan keduanya. (2) Anda mungkin gagal fokus di satu blog dan ingin memulai blog WordPress baru dengan Semangat baru, sehingga perlu menggabungkan blog lama sehingga tidak repot repot lagi membuat artikel. Atau (3) Bisa jadi salah satu blog Anda tidak berjalan dengan baik, dan Anda ingin menggabungkan isinya dengan salah satu blog utama Anda yang sudah berhasil. (4) dll.

Terus Bagaimana Cara Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu ?

Kabar baiknya, WordPress telah dilengkapi dengan alat built-in untuk melakukannya dengan mudah. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menggabungkan dua situs WordPress menjadi satu.

Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu

Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu

Cara Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu

1. Mengekspor Konten Dari Situs WordPress Lama

Dalam contoh ini, kita umpamakan blog lama yang ingin di Gabung adalah www.BLOGLAMA.com dan kita ingin menggabungkannya ke www.BLOGBARU.com.

Penting: Jangan lupa unruk membuat backup WordPress terlebih dahulu, lengkap dari kedua situs Anda tersebut. Ini akan sangat berguna jika nanti terjadi kesalahan dan Anda ingin mengembalikannya.

Pertama, di www.BLOGLAMA.com Anda masuk Dashboard dan Masuk ke Tool » Ekspor.

Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu 1

Tool Eksport

Dalam pilihan tool Export ini, Pastikan Anda memilih opsi All Content (Semua konten) dan kemudian klik tombol ‘Download Export File’ untuk mengeksekusinya.

WordPress akan menyiapkan file XML untuk di download dalam POP UP dan silahkan klik untuk mengunduhnya ke folder download di komputer Anda.

Oh iya… File XML ini akan berisi:

  • Semua posting dan halaman WordPress Lama Anda
  • Semua jenis pos khusus (jika ada)
  • Semua kategori dan tag dan taksonomi khusus (jika ada).

Pastikan File tersebut telah tersimpan di komputer dengan baik tanpa Error, Supaya tidak terjadi masalah nantinya di langkah berikutnya.

2. Menggabungkan Konten www.BLOGLAMA.com ke Situs WordPress Baru

Sekarang setelah Anda mengekspor konten dari situs www.BLOGLAMA.com Anda, saatnya untuk menggabungkannya dengan situs WordPress www.BLOGBARU.com Anda.

Di Blog baru www.BLOGBARU.com, masuk ke dashboard dan buka Tool »Import.

Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu 2

Tool Import

Halaman ini mencantumkan semua alat impor yang dapat Anda instal dan jalankan di situs WordPress Anda. Gulir ke bawah dan klik pada link ‘Install now’ di bawah kata “WordPress”.

Setelah importir WordPress terinstal, Anda perlu mengklik link ‘Importir Run’ untuk mengaktifkannya.

Jalankan importir WordPress

Jalankan importir WordPress

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengunggah file ekspor WordPress www.BLOGLAMA.com anda.

Anda klik tombol ‘Choose File’ dan kemudian pilih file XML www.BLOGLAMA.com yang Anda download tadi.

Upload file impor WordPress

Upload file impor WordPress

Klik tombol ‘Upload file and import’ untuk melanjutkan.

WordPress sekarang akan mengunggah file ekspor dari blog lama Anda dan menganalisisnya. Setelah itu, akan mengarahkan Anda untuk mengimpor halaman pengaturan.

Pengaturan impor WordPress

Pengaturan impor WordPress

Bagian Ini akan meminta Anda untuk menentukan penulis atau membuat penulis baru.

Anda dapat menetapkan konten yang diimpor ke pengguna yang sudah ada di situs WordPress Anda atau membuat penulis baru.

Selanjutnya, centang kotak di bawah opsi ‘Import Attachments’ untuk mengimpor lampiran media atau gambar dari situs WordPress lama Anda.

Anda sekarang bisa mengklik tombol Submit untuk menjalankan langkah terakhir dari impor.

WordPress sekarang akan mengimpor konten dari file ekspor Anda dan menambahkannya ke situs WordPress baru Anda. Setelah selesai, Anda akan melihat pesan sukses.

Impor WordPress selesai

Impor WordPress selesai

3. Menyiapkan Pengalihan (redirect)

Setelah berhasil Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu, langkah selanjutnya adalah mengatur pengalihan sehingga pengguna yang mengunjungi situs www.BLOGLAMA.com secara otomatis dialihkan ke situs www.BLOGBARU.com.

Untuk itu Anda perlu mengedit file .htaccess di situs www.BLOGLAMA.com.

Dan tambahkan code berikut di file .htaccess Anda.

Jangan lupa ganti www.BLOGBARU.com dengan nama domain dari situs WordPress baru anda.

Dengan perubahan ini, ketika Anda mengunjungi posting di situs www.BLOGLAMA.com, Anda akan diarahkan secara otomatis ke pos yang sama di situs www.BLOGBARU.com.

4. Troubleshooting (Pengatasi Masalah Yang Timbul) Saat Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu

Bagaimana menggabungkan dan mengedit kategori dan tag?

Anda mungkin ingin membersihkan kategori dan tag bawaan dari www.BLOGLAMA.com, setelah menggabungkan dua situs tersebut. Untuk melakukan ini anda dapat memakai Plugin Term Management Tools, untuk rincinya anda dapat membaca artikel berikut : Cara Menggabungkan Beberapa Categori atau Tag di WordPress

Bagaimana cara mengimpor gambar yang hilang?

Untuk melakukan ini, Anda harus menonaktifkan sementara pengalihan dengan mengedit file .htaccess dan menghapus kode yang di tambahakna di langkah 3 tadi. Setelah itu install plugin Import External Images di BLOGBARU, dan ikuti petunjuk di panduan plugin untuk mengimpor gambar eksternal di WordPress.

Jangan lupa untuk mengatur atau aktifkan kembali pengalihan .htaccess setelah proses mengimpor gambar ini selesai.

Perbaiki URL yang mengarah ke domain lama di pos dan halaman

Semua tautan internal di pos dan laman yang diimpor dari www.BLOGLAMA.com, akan tetap mengarah ke situs lama Anda. walaupun tentunya akan redirect ke www.BLOGBARU.com karena pengaruh penambahan script redirect pada .htaccess diatas.  Namun, Anda tetap perlu memperbarui URL tersebut untuk meningkatkan SEO dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Untuk melakukan ini anda perlu menginstal plugin Velvet Blues Update URLs, lihat tutorial plugin untuk memperbarui URL tersebut.

Demikian Cara Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu, semoga bermanfaat dan salam blogger.

Referensi : www.wpbeginner.com
Artikel Blogging Dan SEO - Cara Menggabungkan Dua Situs WordPress Menjadi Satu, is Posted Under Tags: , , , By pahompu | 4.5

Leave a Response