Struktur Permalink WordPress Yang SEO Friendly

by - 8 May 2017 - Blogging Dan SEO

Bagimanakah Struktur Permalink WordPress Yang SEO Friendly ? Ketika mempertimbangkan aspek penting SEO (Search engine optimization) dari situs manapun, permalink tetap memainkan peran utama dalam optimalisasi secara keseluruhan. Permalink adalah struktur tautan permanen dari halaman ataupun posting blog, dan tidak pernah berubah seiring waktu. Secara default, WordPress menawarkan permalink seperti ini:

www.domain.com/?p=123

Banyak ahli SEO dan Blogger profesional yang sudah menyatakan dan memastikan kalau stuktur Permalink seperti diatas tidak search engine friendly, jadi kebanyakan blogger newbie yang baru mulai dengan WordPress akan gagal membuat situs WordPress yang SEO karena menggunakan permalinks default dan kurang paham mengenai permalink ini.Bagimanakah Struktur Permalink WordPress Terbaik untuk SEO ?

Dalam bahasan ini, kita coba ulas struktur permalink mana yang terbaik serta SEO friendly, dan kita akan melihat struktur permalink WordPress yang disarankan lainnya dan mengapa Anda harus menghindarinya.

Struktur Permalink WordPress Yang Mana yang Direkomendasikan untuk Optimalisasi SEO?

Salah satu faktor utama SEO adalah memiliki kata kunci dalam struktur URL artikel/posting blog (permalink). Seperti disebutkan diatas, permalink default WordPress tidak SEO-friendly, jadi ketika Anda menginstal WordPress untuk pertama kalinya dan memulai blogging tanpa melakukan perubahan pada permalink default tersebut, Berarti Anda sedang melakukan kegiatan blogging dengan struktur permalink yang tidak SEO friendly.

Jadi permalink Anda adalah hal pertama yang harus Anda ubah saat menyiapkan blog Anda untuk pertama kalinya. Lihat gambar berikut …

Anda bisa menemukan berbagai setting permalink tersebut pada:

dashboard WordPress > Settings > Permalink.

Beberapa struktur permalink yang sering disarankan untuk dipakai adalah:

Domain.com/Category/Post-name
Domain.com/Postname
Domain.com/postname/numeric-ID

Dari mode model struktur permalink tersebut, yang sering di pakai pegiat blog khususnya yang memakai WordPress adalah Domain.com/Postname. model ini memungkinkan Permalink terlihat pendek, manis dan tidak ada diyakini mampu menaikkan skor SEO blog (?).

Banyak pegiat blog juga merekomendasikan penggunaan Category/Kategori dalam permalink dan ini sepertinya juga terlihat bagus, namun model ini baik diterapkan hanya jika nama kategori pendek pendek dan mengandung keyword yang bermakna, dan blog juga tidak menggunakan banyak kategori.

Metode permalink lain yang sangat di sarankan untuk dihindari adalah menggunakan tanggal dalam permalink.

domain.com/year/monthnum/day/postname

Ini akan menghilangkan kesempatan anda untuk me Re-Publish (menerbitkan ulang) Post/Artikel di kemudian hari. Karena dalam permalink URL menetapkan dan memakai tanggal penerbitan artikel, sehingga bila di republish kembali pada tanggal lain (mungkin untuk mendorong Keyword) maka permalink akan terpaksa berubah supaya post terlihat diatas (baru) dan tentunya indeks dalam mesin pencarian akan error menuju laman tidak ditemukan, berbeda jika memakai permalink ringkas saat Anda mempublikasikan ulang posting, post bisa terlihat baru namun indeks tetap karena permalink juga tidak berubah

WordPress Permalink untuk Google News:

Jika Anda menjalankan situs berbasis berita dan fokus pada berita terkini, Anda harus memiliki ID unik tiga digit di ujung permalink Anda seperti yang disebutkan dalam berita Google. Google news submission requirement.

Domain.com/Postname-post-id

Beberapa waktu yang lalu, Matt Cutts, seorang insinyur Google juga mengubah struktur permalink blog WordPress-nya menjadi domain.com/post-name dan ini menimbulakan pertanyaan dan berikut penjelasan dari Matt Cutts:

Matt Cutts tidak menyebutkan ada hubungan langsung anatara manfaat SEO dengan menggunakan permalink WordPress sederhana, namun Matt Cutts menyebutkan fakta bahwa permalink semacam itu membantu blog terlihat sederhana.

www atau non-www di URL domain

Perdebatan besar lainnya tentang permalink adalah menggunakan: www atau non-www di URL domain.

Bila anda perhatikan banyak pegiat blog di seluruh dunia memakai versi singkat non-www di situs mereka (artinya tidak menggunakan bagian “www” dari yang pertama URL). Ini pada dasarnya tidak ada hubungannya dengan SEO atau SEO friendly, namun hanya sebagai trik untuk memberi lebih banyak ruang di permalink, karena indeks mesin telusur hanya memungkinkan 66 karakter dalam permalink, sehingga mengurangi tiga karakter lebih sedikit juga bisa membantu. (???)

Jika Anda memilih struktur domain versi non-www, pastikan versi www dari situs Anda benar diarahkan ke versi non-www (atau sebaliknya) untuk menghindari masalah duplikat WordPress.

Contoh: http://www.domain.com – >> http://domain.com

Kemudian Sebaiknya Anda menetapkan domain pilihan dalam Webmaster Console.

Mulai sekarang, kapan pun Anda membuat blog WordPress baru, pastikan Anda menggunakan struktur permalink WordPress yang ramah SEO daripada permalink yang panjang dan terkesan baku.

Salam Blogger

Artikel Blogging Dan SEO - Struktur Permalink WordPress Yang SEO Friendly, is Posted Under Tags: , , , By pahompu | 4.5

hosting terbaik

Leave a Response