Teknologi Robot Perang Terbaru Yang Siap Menghadapi Era Perang Modern Di Masa Depan

by - 19 February 2017 - Info Teknologi

Teknologi robot perang terbaru – Perang di zaman ini hingga diprediksi untuk masa depan, tidak sama lagi dengan era Perang Dunia II atau era Perang Dingin dahulu. Perang di masa depan akan lebih mengunggulkan robot perang yang dapat dikendalikan dari kejauhan. Untuk saat ini, negara yang sedang gencar-gencarnya melakukan persiapan robot militernya adalah Amerika Serikat, Rusia dan China.

Pada 8 September 2016 lalu, Rusia memamerkan teknologi robot perang terbaru mereka dengan menampilkan pertunjukan dinamis yang melibatkan operasi pembersihan ranjau dan menunjukkan kecepatan serta manuver dalam perang modern. Robot-robot yang ditampilkan antara lain akan mengadopsi sistem robot Nerechta, Avtorobot yaitu robot pengangkut awak, dan Shershen yang merupakan pesawat udara tanpa awak.

Teknologi Robot Perang Terbaru Yang Siap Menghadapi Era Perang Modern Di Masa Depan

Selain itu, Amerika Serikat juga telah memulai risetnya untuk menciptakan robot perang yang akan membantu pertahanan militernya. Mereka menginginkan robot yang dapat dikontrol dari kejauhan dan tidak membutuhkan tenaga manusia untuk melakukan sebagian tugas-tugas militer. Hal ini dipersiapkan untuk menghadapi tahun 2019 yang kabarnya Amerika Serikat akan menurunkan pasukan militernya menjadi 420.000 dari 540.000 orang saat ini. Adapun teknologi robot perang terbaru Amerika Serikat meliputi :

Teknologi Robot Perang Terbaru Yang Siap Menghadapi Era Perang Modern Di Masa Depan

  1. Robot Bagal, yang merupakan robot yang menyerupai kuda dan berkaki empat. Mereka menamainya AlphaDog. Kegunaan robot ini adalah untuk membawa barang berat dan dapat melintasi medan yang ridak rata sekalipun dengan tetap stabil.
  2. iRobot’s 710 Cobra, merupakan robot pembuang bom yang akan membantu pasukan militer AS. Sebagaimana kita ketahui, tindakan membuang bom adalah sangat berbahaya dan beresiko jika dilakukan oleh manusia. Maka iRobot ini diciptakan untuk melakukan tindakan ini dengan pengendali dari jarak jauh.
  3. Robot Penjaga, merupakan robot yang akan menggantikan peran tentara manusia dalam menjaga area tertentu. Robot ini mampu berjaga selama 24 jam dan mampu mendeteksi kedatangan lawan. Robot ini juga dilengkapi dengan senjata yang dapat meluncurkan tembakan sejauh 3 mil.

Di sisi lain, China juga telah melakukan investasi besar-besaran untuk menghadirkan robot yang dilengkapi Artificial Intellegence sebagai robot militernya. Teknologi robot perang terbaru China ini sedang dalam tahap penyempurnaan yang setiap unitnya dilengkapi senjata berpeluru antitank, granat dan senapan serbu yang membuat robot militer China ini menjadi robot ideal untuk pertempuran.

Salam Pahompu.

Artikel Info Teknologi - Teknologi Robot Perang Terbaru Yang Siap Menghadapi Era Perang Modern Di Masa Depan, is Posted Under Tags: , , By pahompu | 4.5

MetroWorldHost

Leave a Response