Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk Anda Gunakan

by - 6 March 2017 - Komputer

Salam Blogger, saat ini kita coba ulas tips memilih Hard Disk, untuk kita gunakan.  Hard Disk Drive (HDD) merupakan komponen penting bagi sebuah komputer. Sebuah komputer Tidak akan berguna  jika tidak memiliki hard disk ataupun rusak. HDD fungsinya adalah untuk menyimpan data komputer.

Sampai saat ini Hard disk yang dikenal ada beberapa jenis diantaranya adalah IDE, SATA, SAS dan SCSI.

Pada awalnya, kapasiti HDD hanyalah 3.75 megabytes (MB), namum kini ukurannyapun telah berkembang ratusam kalilipat, tahun 2016 lalu kapasitas sebuah hard disk telah mencapai ukuran 10 terabytes(TB). Dari sini bisa kita lihat bertapa kini manusia memerlukan lebih banyak kapasitas untuk menyimpan semua keperluan kerja atau untuk digunakan sendiri.

Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk Anda Gunakan

Hard Disk (Img:alphacoders.com)

Secara pemakaian ruang Kini HDD dibedakan sebagai “internal HDD” dan “external HDD”. Internal HDD dipakai dan digunakan di dalam dan untuk menjalan sistem komputer kita, sedangkan external HDD digunakan di luar komputer dan terhubung dengan komputer, pada saat ketika di butuhkan dan juga digunakan untuk menyimpan pelbagai data digital seperti gambar, musik, movies, dokumen dan sebagainya.

Yang menggunakan HDD lama dengan kapasitas kecil, sudah pasti akan mencari HDD baru untuk meningkatkan ruang penyimpanan data mereka. Jadi supaya tidak menyesal nantinya setelah membeli, kita perlu tahu apakah ciri hard disk terbaik untuk kita pilih sesuai dengan pengunaan kita.

Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk Anda Gunakan

Kapasitas Penyimpanan (Storage Capacity)

Tips memilih Hard Disk yang pertama adalah dengan memperhatikan kapasitas penyimpanan Hard Disk tersebut. Bila bicara tentang hard disk, maka kita tidak akan lari dari topik tentang kemampuan ruang penyimpanannya. Semakin besar ‘storage capacity’ nya maka akan semakin bagus, karena kita akan bisa menyimpan bermacam-macam data di dalamnya.

Saat ini kapasitas penyimpanan hard disk yang paling besar adalah HGST Ultrastar berkapasitas 10TB dengan harga sekitaran USD480, biasalah semakin besar kapasitasnya tentu semakin tinggi harganya.

Perlu diketahui Hard disk juga berfungsi untuk menyimpan ‘page file’, yang juga dikenal sebagai ‘ virtual memory’. Untuk memberikan sokongan pada RAM saat beroperasi. Jadi semakin Lebih besar kapasitas hard disk maka juga akan mampu menampung ‘page file’ yang besar.

Transfer Speeds

Ketika anda melihat lihat hard disk untuk dipilih, lihat juga kecepatan transfer yang mampu dicapai oleh HDD tersebut. Transfer speed HDD diukur dengan revolution per minute (RPM). Semakin tinggi nilai RPM akan berarti ia lebih cepat menjalankan proses pemindahan data. Perhatikan ini sebagai tips memilih Hard Disk buat anda pakai.

Jumlah putaran HDD yang biasa di jumpai dalam HDD adalah antara 4,000 RPM hingga 15,000 RPM.

Cache Space

Ketika hard disk bekerja, dalam proses pemindahan data dari satu bahagian ke bahagian yang lain, Hard Disk akan menggunakan satu ruangan khusus yang di sebut dengan ‘cache’ atau ‘buffer’.

Ruangan cache yang lebih banyak di Hard Disk tentu akan semakain membuat Hard Disk memiliki kinerja pemindahan atau transfer data yang lebih baik. Saat ini HDD kebiasaannya memiliki ukuran cache diantara 8 MB sampai 128 MB.

Tips Tambahan : Kini lebih banyak orang yang memilih untuk menggunakan SSD dibanding hard disk konvensional. kerana SSD mampu melakukan kerja dengan lebih baik, bahkan ada yang menyatakan SSD memiliki kecepatan lebih  50% dibanding HDD.

Okehhh… Demikian Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk Anda Gunakan, semoga bermanfaat ya Bro. Salam Blogger.

Artikel Komputer - Tips Memilih Hard Disk Terbaik Untuk Anda Gunakan, is Posted Under Tags: , , , By pahompu | 4.5

hosting terbaik

Leave a Response