Trik Melindungi Kunci Pola Android

by - 11 November 2016 - App Dan Mobile

Kunci Pola Android biasa digunakan untuk melindungi serta menjaga smartphone Android dari incaran tangan-tangan usil. Namun bagaimana jika pola tersebut ternyata mudah ditebak?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marte Loge, seorang mahasiswa ilmu komputer di The Norwegian University, ternyata pola pembuatan kunci pada Android rata-rata hampir sama.

Ia menggunakan 4000 macam kunci pola di Android untuk penelitian. Hasilnya, sebanyak 77% pola dimulai dari salah satu pojok kiri maupun kanan dan 44% diantaranya mengambil posisi mulai dari pojok kiri atas. Selain itu, sekitar 10% dari sample yang diambil membuat pola berbentuk huruf seperti N, M atau 0.

Sebenarnya kunci pola Android memang harus dibuat sederhana, agar pengguna tidak lupa atau mengalami kesulitan saat ingin membuka pola tersebut. Namun hal ini juga menimbulkan dampak, seperti pola yang mudah ditebak.

Berikut ini merupakan kunci pola di Android yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Apakah pola kunci Android Anda termasuk salah satunya?

Trik Melindungi Kunci Pola Android

Jika kunci pola Android milik Anda ada, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar tetap aman dan bisa terlindungi.

Berikut Trik Melindungi Kunci Pola Android

1. Membuat pola yang unik

Anda bisa membuat pola-pola yang unik. Misalnya dengan pola 3×3, Anda dapat membuat 389.112 pola. Minimal 4 titik terhubung, maka Anda telah bisa membuat kunci pola di Android. Agar tidak mudah ditebak, coba pakai 9 titik atau minimal 7 titik di kunci pola tersebut untuk membuat pola yang unik, tapi masih mudah untuk dihafal. Berikut ini contoh kunci pola Android yang cukup unik.

2. Sering membersihkan layar Android

Tidak bisa dipungkiri bahwa kunci pola Android bisa dilihat dari jejak jari yang ada pada layar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sering-sering membersihkan layar Android agar tidak terlihat bekas jari di layar. Namun agar mudah dibersihkan, Anda bisa memakai lapisan pelindung layar.

3. Menggunakan pola 6×6

Apabila Anda menggunakan Android dengan Cyanogen ROM, biasanya Anda akan menemukan fitur ini secara default. Pola 6×6 memungkinkan pengguna untuk membuat banyak pola. Semakin banyak pola yang bisa dibuat, maka orang akan semakin bingung saat membukanya.

Setelah mengetahui hal-hal mengenai Kunci Pola Android di atas, mulai dari sekarang Anda harus lebih berhati-hati ya! Semoga bermanfaat buat Sobat Pahompu.com

Artikel App Dan Mobile - Trik Melindungi Kunci Pola Android, is Posted Under Tags: , , , By pahompu | 4.5

Leave a Response