Ini Penyebab dan Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi di Komputer atau Laptop

by - 23 November 2017 - Komputer

Komputer atau laptop bisa semakin lambat kinerjanya. Hal tersebut tidak hanya disebabkan karena umurnya yang sudah tua saja. Komputer atau laptop baru juga bisa mengalami penurunan kinerja.

Salah satu hal yang menyebabkan kinerja laptop maupun komputer anda menjadi lambat adalah CPU usage tinggi. Penggunaan prosesor memang akan meningkat ketika anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Namun ternyata, penggunaan prosesor juga bisa mengalami peningkatan drastis meskipun anda sama sekali tidak membuka aplikasi apapun.

Ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab CPU usage tinggi selain memang komputer atau laptop digunakan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus. Mau tau apa saja yang bisa menyebabkan penggunaan prosesor komputer atau laptop anda menjadi sangat tinggi bahkan ketika baru masuk Windows?

CPU Usage Tinggi

CPU Usage Tinggi

Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai apa saja penyebab sekaligus cara mengatasi masalah CPU usage tinggi tersebut di artikel ini.

3 Hal yang Menjadi Penyebab Utama Masalah CPU Usage Tinggi Ketika Tidak Digunakan

CPU usage tinggi bukan masalah biasa. Jika tidak segera diatasi, bukan hanya kenyamanan anda saja yang terganggu ketika menggunakan komputer atau laptop. Masalah tersebut juga sangat berisiko merusak komputer atau laptop anda.

Untuk bisa mengatasi masalah CPU usage tinggi, anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebab utama masalah tersebut. Berikut ini merupakan beberapa penyebab utama masalah CPU usage tinggi:

1. Terlalu banyak program yang berjalan dibelakang layar

Penyebab utama masalah CPU usage tinggi adalah adanya terlalu banyak program yang berjalan di belakang layar. Anda memang merasa tidak sedang membuka aplikasi apapun, namun sebenarnya setiap kali komputer atau laptop anda dihidupkan, secara otomatis akan ada beberapa program yang aktif.

Jika program yang aktif di belakang layar terlalu banyak, maka secara otomatis hal tersebut akan membebani prosesor di komputer maupun laptop anda.

Lalu bagaimana solusinya? Untuk mengatasi masalah CPU usage tinggi akibat terlalu banyak program yang berjalan di belakang layar ini, anda bisa memanfaatkan fungsi dari task manager (bagi pengguna sistem operasi Windows).

Buka task manager dengan menekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+ESC. Cek pada bagian tabel proses. Perhatikan berapa banyak program yang berjalan di tabel tersebut.

Jika memang proses di belakang layar terlalu banyak, matikan beberapa program yang anda rasa tidak begitu penting atau mungkin tidak mengenali program tersebut.

Cara mematikan proses program di belakang layar cukup mudah. Anda hanya perlu klik pada program yang ingin anda matikan prosesnya, kemudian tekan tombol end task yang berada di bagian bawah kanan task manager.

2. Adanya virus ataupun malware di dalam sistem anda

Penyebab lain dari masalah CPU usage tinggi bisa juga karena adanya virus atau malware di dalam sistem operasi anda. Virus atau malware memang biasanya selalu aktif dan tidak bisa anda temukan dengan mudah melalui task manager.

Oleh sebab itu, jika memang anda sudah mengurangi program yang bekerja di belakang layar namun performa komputer atau laptop anda tetap masih lambat, anda sebaiknya mulai melakukan scan pada tempat penyimpanan data anda, terutama pada bagian sistem operasi.

Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama jika data di dalam tempat penyimpanan komputer atau laptop anda cukup banyak.

Selain itu, terkadang anda tidak bisa hanya menggunakan satu macam antivirus saja untuk mengatasi masalah ini. Sangat disarankan untuk melakukan scan dengan minimal 2 antivirus yang berbeda secara bergantian.

3. File registry yang menumpuk

CPU usage tinggi juga bisa disebabkan oleh file registry yang menumpuk. Ketika terlalu banyak file registry yang menumpuk, secara otomatis sistem operasi yang anda gunakan di dalam komputer atau laptop tidak akan berjalan secara maksimal.

Oleh sebab itu, secara otomatis penggunaan prosesor komputer atau laptop menjadi meningkat melebihi ambang batas normal.

Untuk mengatasi masalah file registry yang menumpuk ini, anda bisa menggunakan bantuan program seperti CCleaner.

Program tersebut memang sangat efektif untuk mengurangi jumlah file registry sekaligus file-file chace yang sudah tidak anda butuhkan lagi. Menariknya lagi, CCleaner adalah program yang bisa anda gunakan secara gratis.

Bagaimana? Apakah anda sudah paham apa penyebab dari masalah CPU usage tinggi? Apakah anda juga sudah berhasil mengatasi masalah CPU usage tinggi dengan menggunakan solusi yang dijabarkan di artikel ini?

Artikel Komputer - Ini Penyebab dan Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi di Komputer atau Laptop, is Posted Under Tags: , , , By pahompu | 4.5

Leave a Response