Cara Merawat Android Agar Tidak Cepat Rusak

by - 31 January 2017 - App Dan Mobile

Android Anda cepat rusak? Atau baterainya sering cepat lowbatt sampai berkali-kali ganti baterai di gerai resmi? Mungkin Anda lupa cara merawat Android ini.

Kini ada banyak merk smartphone yang menggunakan operasi sistem Android karena lebih disukai konsumen. Selain karena harganya yang relatif terjangkau, sistem ini juga lebih sederhana dan memudahkan penggunanya untuk membuat panggilan, foto atau video hingga pengaksesan internetnya. Namun realitanya adalah smartphone Android mudah sekali menjadi lemot atau lambat loading apalagi jika data downloadnya sudah semakin banyak. Baterainya pun bisa berefek pada performanya. (Baca Juga : Cara Atasi Android Lemot dengan 6 Langkah Sederhana! dan Tips Cara Mengatasi Android Lemot).
Cara Merawat Android Agar Tidak Cepat Rusak
Banyak cara merawat Android agar tidak cepat rusak, diantaranya adalah menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan dan menutup aplikasi jika tidak akan digunakan lagi. Hal ini akan mengurangi beban kerja smartphone Anda. Untuk lebih detailnya berikut cara menjaga Android:

Cara Merawat Android Agar Tidak Cepat Rusak

  1. Menjaga baterai tetap penuh.

Menggunakan handphone yang belum terisi secara penuh atau tidak segera mengisi baterai ketika handphone lowbatt total akan cepat merusak baterai. Selain itu, pastikan Anda hanya akan melakukan charging saat kondisi baterai di bawah 30%.

  1. Gunakan aplikasi memory management yang akan melindungi data Anda agar tidak hilang. Aplikasi memory management memiliki defrementasi yang akan membantu kerja sistem Android.
  2. Tutup aplikasi yang tidak terpakai lagi sebab smartphone tidak seperti dekstop komputer. Meskipun aplikasi smartphone telah di minimize, namun pada dasarnya aplikasi tersebut tetap terus berjalan hingga penggunanya harus menutup aplikasi tersebut.
  3. Hapus cache browser. Setiap Anda menggunakan fitur internet, maka setiap itu pula cache aplikasinya semakin menumpuk di internal storage kalian. Sekalipun aplikasi tersebut tersimpan di SD card, namun cache-nya akan tersimpan di Internal Storage.

Cara menghapus cache : buka “setelan/setting” kemudian pilih “Aplikasi atau Apps atau Aplication management” (tergantung pengaturan handphone Anda) setelah itu pilih browser Anda. Akan muncul pilihan “Clear Data”, “Clear Cache” dan “Hapus Instalan”. Pilih menu “Clear Cache”.

  1. Selain menghapus cache, Anda juga dapat menghapus Data aplikasi. Sebab, banyaknya obrolan yang tersimpan di aplikasi pesan instan Anda akan mengambil tempat di Internal Storage. Oleh karena itu, dengan menghapus data aplikasi riwayat obrolan Anda juga akan terhapus. Namun Anda perlu sign in kembali setelah itu.
  2. Cara merawat Android yang terakhir ketika smartphone Anda mulai melambat. Gunakanlah fitur Reset Factory. Fitur ini akan mengembalikan kondisi handphone Anda seperti ketika baru dibeli. Semua data, aplikasi dan file akan terhapus sehingga ruang penyimpanan Anda menjadi lebih lega. Sebab pada dasarnya, handphone yang lambat disebabkan oleh internal storage yang terlalu berat.

Bagaimana, mudah bukan? Pada dasarnya cara merawat Android tidak ribet seperti kebanyakan kata orang. Anda hanya perlu teliti saja agar perangkat seluler Anda lebih tahan lama.

Artikel App Dan Mobile - Cara Merawat Android Agar Tidak Cepat Rusak, is Posted Under Tags: , , By pahompu | 4.5

hosting terbaik

Leave a Response