Tips Optimasi Konten Blog Agar Lebih SEO Friendly

by - 5 February 2017 - Blogging Dan SEO

Sudahkan anda melakukan optimasi konten blog agar lebih SEO friendly ? Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan blog Anda adalah konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Anda tidak akan pernah melihat blog Anda berkembang jika tidak ada sesuatu yang menarik untuk pengunjung blog Anda.

Ada juga sebagian blogger yang berpikir kalau sosial media juga bisa digunakan sebagai alat promosi terbaik karena artikel mereka bisa cepat tersebar, mendatangkan ribuan traffik, mendapatkan pembaca setia, atau meningkatkan daftar subscriber blog mereka. Tapi hal ini juga tidak akan pernah bisa tercapai jika konten blog Anda tidak berkualitas.

Tips Optimasi Konten Blog Agar Lebih SEO Friendly

Disinilah pentingnya optimasi konten. Optimasi disini bukan hanya kepada pembaca, tapi juga terhadap search engine (mesin pencari). Sehingga selain konten sobat enak dibaca (human friendly), konten sobat juga bisa ditemukan di search engine dan mendatangkan banyak traffik. Oke, berikut ini adalah tips-tips dasar untuk optimasi konten blog agar lebih SEO friendly agar blog lebih efektif.

Tips Optimasi Konten Blog Agar Lebih SEO Friendly

1# Buat Konten Yang Fresh, Informatif, Unik dan Berkualitas

Tips optimasi konten blog agar lebih SEO friendly yang pertama adalah membuat konten yang segar, informatif dan berkualitas.  Berilah pembaca anda Informasi dan sesuatu yang baru setiap kali mereka mengunjungi blog Anda. Selalu update dan beri mereka berita sesuai tren terbaru yang bermanfaat terkait niche Anda. Baca Juga : 16 Tips Cara Menulis Artikel Blog Unik dan SEO Untuk Pemula

2# Fokus Pada Topik Atau Niche Blog

Jika Anda menulis tentang tips SEO, maka fokuslah pada topik tersebut. Bahas secara mendalam dan jelas terkait informasi dari topik tersebut. Pengunjung biasanya akan langsung meninggalkan blog Anda jika mereka menemukan sesuatu yang tidak relefan dengan apa yang mereka cari.

Anda bisa juga menggunakan gambar atau video untuk membuat pembaca Anda merasa lebih jelas dan menikmati konten Anda. Selain itu, Anda bisa juga memberikan paragraf dan sub-judul dalam konten Anda.

3# Hindari Kesalahan

Berikan pembaca anda artikel yang mudah dipahami tanpa adanya kesalahan ejaan atau tata bahasa. Hal kecil ini bisa mengurangi kredibilitas Anda sebagai seorang blogger yang baik.

4# PENTING.

Jangan menulis untuk Search Engine. Melakukan optimasi konten blog agar lebih SEO friendly tidak sama dengan menulis untuk mesin pencari. Tanamkan ini. Jangan sekali-kali memasukkan keyword yang tidak perlu dengan tujuan untuk meningkatkan pencarian di search engine. Ini akan mengganggu pembaca Anda.

Penggunaan Anchor Text untuk mengoptimasi Konten Anda Anchor text adalah teks yang bisa diklik untuk menuju ke link tertentu. Formatnya seperti ini, Teks Anda. Format tersebut akan menampilkan “Teks Anda” sebagai link yang ditujukan, bukannya #. Teks ini memberitahu pembaca dan mesin pencari bahwa konten anda memiliki link.

Ada dua jenis link yaitu internal link dan eksternal link. Internal linking artinya link tersebut mengarah ke halaman yang masih di website Anda sendiri. Tujuan utama dari internal linking adalah untuk menjaga pengunjung untuk tetap membaca artikel di blog Anda.

Pengunjung yang datang ke blog Anda kemungkinan besar akan membaca artikel dan tetap tinggal jika Anda memberikan sesuatu untuk dibaca. Dengan membuat internal link, Anda akan memberi mereka pilihan-pilihan untuk membaca lebih banyak artikel di blog Anda. Selain itu, internal linking akan membantu crawler mesin pencari lebih cepat mengindeks halaman Anda dan membantu meningkatkan rangking di search engine.

Dengan anchor text yang tepat, pembaca dan mesin pencari bisa lebih mudah menebak tentang apa halaman yang diberi link. Baca Juga : Apa itu Backlink dan Anchor Text?

Sedikit tips tentang anchor text link antara lain:

  • Pilihlah sebuah frase yang tepat untuk mewakili anchor teks, satu atau dua kata.
  • Hindari anchor text yang panjang
  • Hindari pemaksaan keyword, yang membuat artikel tidak enak dibaca.

Sangat baik juga dengan menempatkan judul artikel kedalam anchor text, karena kemungkinan besar Anda telah menempatkan keyword terbaik di judul Anda.

Optimasi Gambar dan pentingnya Alt Text

Optimasi gambar juga termasuk mengoptimalkan gambar untuk pembaca dan mesin pencari. Google image search dapat membawa banyak traffik jika Anda mengoptimasi gambar dengan baik. Baca Juga : Alasan Kenapa Harus Menyertakan Gambar dalam Konten Blog

Apa itu Alt text dan apa pentingnya Alt text?

Sederhananya, Alt text adalah teks alternatif yang memberitahu search engine tentang sebuah gambar. Search engine tidak bisa menebak tentang apa sebuah gambar, karena mereka memang tidak bisa membaca informasi multimedia selain teks.

Pentingnya Alt text terletak pada kenyataan bahwa gambar tidak dimuat sepenuhnya dalam browser pengunjung. Disinilah Alt text disampaikan, jadi bukan sebuah gambar yang memberitahukan pengunjung dan mesin pencari tentang apa gambar tersebut.

Tips mengoptimalkan Alt Text

  • Tempatkan kata kunci terbaik untuk menjaga Alt text tetap dalam konteks gambar.
  • Berikan deskripsi pendek tentang gambar sebagai alt text, bukan satu kata.
  • Jika Anda menggunakan gambar sebagai link, Alt Text akan bekerja sebagai Anchor text.

Itulah langkah-langkah dasar untuk mengoptimasi konten Anda. Ingat, optimasi tidak hanya terbatas pada research keyword dan backlink saja. Konten Anda, termasuk semua teks dan gambar yang dioptimasi secara keseluruhan akan membuat posting blog lebih efektif dan mendatangkan lebih banyak pengunjung ke blog Anda.

Jika Anda mempunyai tips-tips lain, jangan ragu untuk berbagi dengan pembaca kami di bagian komentar. Jika Anda merasa artikel ini informatif, Anda bisa membagikan tulisan ini ke teman-teman Anda di media sosial sehingga mereka juga tahu tentang hal ini. Terima kasih!

Salam Blogger.

Artikel Blogging Dan SEO - Tips Optimasi Konten Blog Agar Lebih SEO Friendly, is Posted Under Tags: , , By pahompu | 4.5

hosting terbaik

Leave a Response