Cara Posting Artikel yang Ramah SEO dan Enak Dibaca

by - 7 April 2017 - Blogging Dan SEO

Ketika Anda sudah memiliki website atau blog, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara posting artikel yang ramah SEO dan enak dibaca oleh pengunjung ? Ya, mengisi konten untuk web atau blog untuk kepentingan SEO tentunya diperlukan oleh pengelola web agar tulisan yang dibuat dapat mendatangkan pengunjung tertarget yang membaca.

Oia, bagi Anda yang belum tahu SEO itu apa, secara akronim SEO adalah Search Engine Optimization. SEO dilakukan secara umum dalam dua tahap, yaitu SEO on page dan off page. Posting artikel di sebuah halaman web adalah termasuk kategori SEO on page. Tujuan melakukan SEO adalah untuk merangkingkan konten yang kita buat agar memiliki peringkat tinggi pada halaman hasil mesin pencari atau istilahnya Search Engine Result Page (SERP). Beberapa search engine populer yang dijadikan target SEO adalah Google, Yahoo, dan Bing.

Cara Posting Artikel yang Ramah SEO dan Enak Dibaca

Cara Posting Artikel yang Ramah SEO dan Enak Dibaca

Menguasai SEO memerlukan waktu dan praktek secara terus menerus, karena parameter penentu bobot SEO mengalami perubahan seiring dengan update algoritma yang dilakukan oleh mesin pencari. Namun, bagian-bagian tertentu dari proses SEO dari waktu-waktu tetaplah sama. Ilmu SEO berkembang dan memiliki bermacam variasi serta kekhasannya masing-masing. Tak ada hal yang pasti dalam SEO, hanya ada kecenderungan dan trend yang bisa kita simpulkan berdasarkan pengalaman masing-masing. Hasil SEO yang diperoleh 2 orang yang merangking pada satu kata kunci yang sama akan memiliki perbedaan meski yang dilakukan hampir sama.

Mendatangkan pengunjung ke sebuah halaman web dengan menggunakan SEO memerlukan beberapa tahap proses, mulai dari riset kata kunci, riset konten berupa tulisan, ilustrasi gambar, animasi dan bisa juga berupa video. Sebagai pedoman dasar jika Anda masih pemula di bidang internet marketing dan belum banyak praktek mengenai SEO, untuk pemilihan keyword (kata kunci) pilihlah kata yang berupa frase atau istilahnya Long Tail Keyword (LTK).

Jika artikel yang kita buat berada di 3 besar SERP untuk kata kunci yang kita bidik, maka kemungkinan artikel kita untuk dibuka dan dibaca menjadi lebih besar.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara posting artikel yang ramah SEO dan enak dibaca, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan berdasarkan pengalaman dan praktek penulis hingga saat terakhir tulisan ini dibuat. Tips ini memiliki asumsi bahwa;

  • Posting di web CMS wordpress self hosting
  • Pada domain yang terinstal wordpress telah dipasang plugin SEO

Kriteria Penulisan Artikel SEO Friendly

  1. Tujuan Penulisan
    Kita menulis dengan tujuan untuk dibaca oleh manusia dan robot mesin pencari.
    Karena tulisan kita dibaca manusia, maka buatlah artikel yang memenuhi kaidah penulisan bahasa yang baik dan benar. Silakan buat artikel dengan gaya penulisan khas sendiri namun tetap memiliki struktur yang tetap enak dibaca, sedangkan untuk kebutuhan mesin pencari silakan ikuti petunjukknya pada kriteria-kriteria penulisan selanjutnya.
  2. Judul posting / artikel
    Buatlah judul artikel minimal 6 (enam) kata termasuk kata kunci yang menjadi bagiannya. Enam kata yang dimaksud tidak termasuk kata penghubung seperti; yang, di, dan, ke, oleh, dlsb.
    Kata kunci menjadi bagian tulisan pada paragraf awal posting dan lebih bagus jika dijadikan rangkaian kalimat pertama paragraf.
  3. Panjang Artikel
    Tidak ada aturan pasti yang mengatur berapa jumlah persis banyaknya kata dalam satu artikel. Pada prinsipnya, artikel yang lebih panjang namun tetap sesuai kaidah SEO akan memiliki quality score lebih tinggi dimata mesin pencari. Namun, untuk moderatnya, tulislah artikel dengan jumlah 300 – 500 kata.
    Pemilihan artikel mengacu kepada daftar kata kunci.
  4. Ilustrasi
    Manusia pada umumnya adalah makhluk visual. Jadi, usahakan pada setiap artikel berikan ilustrasi penjelas berupa gambar, grafik, animasi, atau video.
    Sumber ilustrasi terbaik adalah hasil kreasi sendiri karena pasti hasilnya unik dan khas. Namun bagi yang masih awam, dan belum mahir, ilustrasi bisa menggunakan koleksi yang bisa dicari pada berbagai situs dan web yang menyediakan stok ilustrasi baik yang bebas pakai atau berbayar.Jika meng-upload ilustrasi berupa gambar untuk posting, beri nama gambar dengan nama kata kunci yang dibidik, jika lebih dari satu kata beri tanda minus sebagai pemisah, contoh ;
    – Kata kunci /judul posting : biro umrah haji bandung
    – Nama gambar : biro-umrah-haji-bandung.jpg
  5. Link / Tautan
    Buat internal link (tautan ke artikel posting yang sama) dengan anchor text ke kata kunci postingan. Anchor teks tautan tersebut tidak harus selalu exact match namun bisa juga dengan partial match atau tautan bebas.
  6. Jika seting pada dashboard wordpress terdapat bagian feature image, isi dengan ilustrasi gambar yang sama dengan dipasang pada artikel atau bisa juga dengan gambar lainnya yang masih bersesuaian.
  7. Pada bagian Tags, isi paling tidak dengan 1 – 3 kata kunci
  8. Pada bagian plugin SEO, tulis kotak isian title, description, dan keyword sesuai dengan judul artikel, ringkasan artikel, dan kata kunci yang dibidik pada artikel

Demikian beberapa kriteria yang bisa diikuti untuk penulisan artikel yang SEO friendly. Seperti artikel lainnya, tulisan ini pun akan diperbaharui sesuai dengan perkembangan SEO. Selamat Praktek !

Leave a Response